Oleh: harui | April 7, 2008

Manga & Anime

Setiap saya ke gramedia atau ke tempat toko buku yang terdapat komik manga, saya sering melihat ada banyak anak-anak kecil maupun remaja sedang duduk sambil baca komik yang berasal dari jepang itu. Manga ( 漫画 ) yang dalam bahasa jepang arti nya komik itu memang banyak digemari oleh anak-anak maupun remaja khususnya mereka yang suka dengan “jepang”. Terkadang ada juga yang sampai mengkoleksi manga. Lalu ketika pagi atau sore atau dihari-hari libur saya juga sering melihat dihampir setiap statiun TV di Indonesia ini menayangkan Anime. Anime (アニメ) atau film kartun yang berasal dari jepang ini biasanya dipengaruhi gaya gambar dari Manga. Kata anime tampil dalam bentuk tulisan dalam tiga karakter katakana a, ni, me (アニメ) yang merupakan bahasa serapan dari bahasa Inggris “Animation” dan diucapkan sebagai “Anime-shon”. Anime juga banyak digemari oleh berbagai kalangan dari mulai anak kecil hingga orang tua, dan banyak juga kolektor yang mengkoleksi Anime.
Manga & Anime
Ada dua istilah yang sangat populer yaitu Manga & Anime, dan kedua nya bagaikan pinang yang dibelahh dua karena keduanya saling berkaitan. Bagi yang belum mengetahui perbedaan antara manga dan anime ini mungkin saya memberikan kutipan tentang perbedaan keduanya.
kutipan dari : http://www.geocities.com/shizenstudio/main.htm

Manga adalah komik Jepang yang terbagi menjadi dua aliran atau jenis, yang dikenal dengan aliran Shounen dan Shoujo. Shounen adalah jenis komik cowok, contohnya Dragon Ball karya Akira Toriyama, dimana cerita Shounen pada umumnya lebih condong terhadap kategori “Action” sedangkan Shoujo adalah jenis komik cewek, contohnya Please Save My Earth karya Saki Hiwatari yang pada umumnya cerita jenis ini lebih ringan dan halus.

Anime merupakan film animasi Jepang, umumnya dikenal sebagai film kartun tetapi sebenarnya terdapat banyak perbedaan diantara kedua jenis film tersebut. Film kartun biasanya dibuat untuk anak-anak dengan tujuan untuk menghibur dan mempunyai bobot cerita lebih ringan dan lebih sederhana, sedangkan Anime memiliki bobot cerita lebih berat dan kompleks tergantung dari jenis Anime itu sendiri, dimana Anime dapat dikategorikan untuk anak-anak dan dewasa sedangkan jenisnya terdiri dari TV episodes, OVA/OAV (Original Animated Video) dan layar lebar.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: