Oleh: harui | April 7, 2008

Mengapa anak – anak remaja Indonesia lebih memilih Jepang?¿

Anak remaja Indonesia cenderung lebih memilih Jepang maksudnya mulai dari kebudayaan Jepang (Ikebana), karya – karya Jepang dari anime, manga dan lainnya, Gaya rambut tren di Jepang (Harajuku), serta baju kebangsaan mereka seperti Kimono adalah dikarenakan beberapa faktor pembanding seperti:

  1. Orang – orang lebih pd atau tidak malu apabila memakai kimono kemana – mana, dan baju kimono itu dianggap sesuai dengan style anak muda sekarang ini, seperti kemarin sewaktu saya pergi ke mal anak – anak berkeliaran kemana – mana dengan memakai kimono mereka, dan terlihat bahwa mereka enjoy dan tidak malu untuk mengenakannya bahkan salah satu dari mereka dengan bangga mengatakan “Liat nih kimono g, bagus banget kan gak kayak punya lu, pasti murahan, nih dari Jepang asli gak kayak punya lu buatan Indonesia”. Dari situ kita bisa bandingkan bahwa anak – anak remaja Indonesia lebih suka memakai kimono daripada baju buatan Indonesia dan terlihat lagi dari beberapa bukti lainnya seperti jarang hingga tidak pernah terlihat seorang remaja berkeliaran dengan menggunakan baju daerah misalnya kebaya, meskipun pernah pada hari tertentu seperti Hari Kartini perlu berbagai paksaan dan itu pun tidak semuanya memakai baju kebaya, tidak seperti orang – orang Jepang yang bersedia memakai Kimono di setiap perayaan.
  2. Selain baju, bahasa juga berpengaruh. Contohnya anak remaja Indonesia dianggap hebat, baik, serta berkelas apabila dapat menggunakan bahasa Jepang, apalagi sekarang banyak anime – anime Jepang yang beredar di Indonesia dengan kualitas yang lebih sangat bagus di banding film – film Indonesia yang tidak kreatif, serta banyak menimbulkan kesan porno dan jorok di kalangan remaja. Dan apabila film itu bagus kebanyakan jiplakan dari film – film luar negeri, tapi tidak ada yang menggunakan subtitle atau penterjemah dalam bahasa Indonesia sehingga untuk memahami film tersebut kita harus mengetahui sedikit tentang bahasa Jepang atau bahasa Inggris. Sedangkan pertelevisian Indonesia hanya memberikan bagian sedikit tentang anime, sebagai bukti tv Global hanya mengulang – ulang film anime seperti naruto, the legend of aang, captain Tsubasa, Slam Dunk, Nube, dan lainnya yang dihentikan penayangannya secara sepihak.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: