Oleh: harui | April 19, 2008

kristen vs islam??????????

apa bila kita ingat dari dulu kedua agama ini memang selalu ribut atau berantem satu sama dengan yang lainnya… misalnya saling mencela atau pada kerusuhan kemarin sempat adanya kasus pembakaran gereja oleh umat muslim…. ditambah lagi dengan pembuatan film AAC yang mengungkap tentang maria yang mengganti agama? mengapa harus kristen dimasukan dalam film tersebut? dan bila kita perhatikan itu memang ditunjukan bagi umat nasrani ini terbukti dengan adegan dimana diperlihatkan maria memegang sebuah salib! apakah film ini adalah upaya balas dendam dari umat islam???? kemudian di tambah dengan film fitnah yang ditunjukan kepada umat islam oleh Belanda yang mayoritas beragama kristen atau khatolik… padahal apabila kita telusuri lebih dalam lagi tentang kedua agama ini ada beberapa kesamaan:

Islam dan agama Kitab lainnya
Islam bermakna: “Menyukuri akan takdir Tuhan”. Kitab suci Islam yaitu Al-Qur’an berisi firman Tuhan, yang diserahkan kepada nabi Muhammad melalui perantara malaikat agung Jibril. Nabi berlaku sebagai utusan untuk “sementara” (Surah 5, 19*). Sesuai ajaran nabi Muhammad kitab suci Al-Qur’an membedakan orang-orang beriman antara “pemeluk kitab” dengan “orang yang tak beriman”. Yang dimaksud dengan “pemeluk kitab” (di samping umat Islam) adalah orang Yahudi dan orang Kristen yang mana keduanya mempunyai persamaan tradisi; kadang juga orang Zarathustrier (Surah 22, 17). Al-Qur’an juga mengakui adanya rangkaian “nabi-nabi”, akan keesaan Tuhan, pengadilan di alam baka dan mendoakan umatnya atau lebih tepat dikata mendoakan masa umatnya (lihat Surah 6, 83-92; Surah 7). Asal kata Allah sama dengan “Elohim”, sebuah nama Tuhan dalam bahasa Hibrani dalam buku-buku Musa. Apabila pemeluk agama lain percaya pada kebersamaan dasar kepercayaan ini, di dalam Al-Qur’an sendiri mereka tidak termasuk orang-orang yang tak beriman. (Surah 5, 48 …)
Umat Kristen dan umat Yahudi di beberapa bagian dalam Al-Qur’an disebutkan secara langsung sebagai „kaum Kitab” (contoh: surah 4:171), dan „anak-anak kaum Israel”. Maka dengan itu mereka sebenarnya juga bisa berpedoman pada Al-Qur’an (meskipun pada umumnya tidak mereka lakukan). Bagaimanapun juga, Ilmu Pengetahuan Agama mendalami kitab-kitab suci semua agama.

Yesus Kristus disebutkan dalam Al-Qur’an
Maka perlu ditunjukkan, bahwa di beberapa tempat dalam Al-Qur’an diakui bahwa Yesus adalah utusan Tuhan dan di sini arti „kata” Tuhan tidak diterangkan lebih jelas lagi, sebab ia “diciptakan seperti Adam” (Surah 2, 3, 5,…). Dalam Islam, apabila diteliti dengan lebih cermat, Yesus lebih dianggap daripada oleh teolog-teolog Kristen Moderen yang menganggap Yesus hanya sebagai pembaru sosial saja! Hanya ajaran yang – pemikiran umat Kristen pada masa Muhammad sudah sangat duniawi –mengakui Yesus sebagai anak Tuhan dan mengakui ketritunggalan Tuhan oleh Al-Qur’an tidak diterima. Orang Kristen yang masih dapat menjelaskan secara autentik
-sebagai “Ucapan Allah ” sesuai Yohanes 1- bahwa masih ada manusia yang mengerti hal ini dengan dasar yang lain, jarang dapat ditemui. (lihat Surah 6, 101).
Berdasarkan kepercayaan umat Islam, bahwa Tuhan tidak dilahirkan, begitu juga Isa (Yesus) tidak dilahirkan, melainkan diciptakan oleh Tuhan, hal ini sama dengan kepercayaan umat Kristen. Selanjutnya pengertian (bahasa Yunani) „logos” – kata tersebut bahkan tercantum dalam Alkitab sebagai asal dari Tuhan atau kedatangan dari Yesus Kristus – dalam Evangelium juga diterjemahkan sebagai „kata” (lihat di atas), yang mana dalam Al-Qur’an digunakan untuk menyebutkan Yesus. Di dalam inspirasi Al-Qur’an tersimpan – seperti juga di dalam Alkitab – rahasia arti dari kata tersebut, yang sampai sekarang tidak ditemukan oleh umat Islam maupun oleh umat Kristen, yang sebenarnya tidak ada gunanya untuk diperdebatkan. Juga dimana umat Kristen mengajarkan Tuhan itu majemuk, tidak sesuai dengan ajaran Yesus. „Berdoalah atas nama saya (dalam artian adanya hubungan batin dengan Yesus) kepada Bapak (Tuhan)” (Johannesev. 15:16). Dalam kehidupan Yesus hanya ada satu Tuhan, dengan Dia Yesus sangat dekat, dan Yesus membimbing manusia kepadaNya.

“Logos” (dalam surat rasul Yohanes 1 “Ucapan Allah”, adalah sebuah tanda yang berhubungan dengan Kristus) muncul dalam Al-Qur’an dengan tidak harus berhubungan dengan Yesus (Surah 13,12, Sure 11).

Al-Qur’an mengakui Yesus sebagai “diciptakan seperti Adam” (Surah 3, 59) dan Yesus disebutkan sebagai “utusan Tuhan”, dilahirkan dari roh Tuhan dan dengan perawan Mariam (Maria) sebagai perantara kelahiran Yesus (Surah 19, 17). Roh suci dalam hubungannya dengan Yesus juga disebut-sebut dalam Al-Qur’an tetapi dengan cara lain. (Surah 5, 110).

Disebutkan dalam Al-Qur’an pemuda Yesus mengumumkan akan kebangkitannya (Surah 19, 33), dan juga sering disebutkan di dalam Al-Qur’an mengenai kebangkitan orang-orang beriman. Yang dimaksud di sini mungkin adalah „hari Kiamat” (lihat bawah) (Surah 4, 159). Di dalam Al-Qur’an dikatakan, bahwa Yesus akan diangkat hidup-hidup ke surga (Surah 4, 157 -159, Surah 3,55).
Keyakinan umat Islam dan umat Kristen dalam hal apakah Yesus disalib dan mati terlebih dahulu sebelum ia naik ke surga, dan melalui Tuhan ia selamat dari mati – demikianlah yang dikatakan oleh umat Kristen – , atau apakah tanpa disalib ia naik hidup-hidup ke surga – sesuai kepercayaan umat Islam – tidak sama. Akan tetapi mereka sama-sama percaya, bahwa pada saat Yesus diangkat ke surga, ia tidak „mati”, melainkan contohnya mengajarkan manusia.
Bahkan dalam surah 3:55 atau 5:48 dikatakan, „….Aku akan membersihkannya….” dan „….kalian semua akan kembali kepadaKu, dan Aku (Tuhan) akan memutuskan dalam hal yang kalian perselisihkan (dalam kehidupan duniawi) itu”. Umat Kristen dan umat Islam sebenarnya tinggal menunggu dengan tenang dan tidak perlu berselisih untuk mendapat jawaban untuk rahasia-rahasia tersebut.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: